Cicilan HP Pakai JD.ID Paylater? Begini Simulasinya

Kredivo - Belanja di JD.ID dengan minimum 500 RIBU aja dan kamu bisa nyicil  sampai 6 bulan dengan bunga 0%, loh! Jangan lupa buat pilih paylater Kredivo  waktu checkout gadget idamanmu di
jd.id

Slogan JD.ID yang dijamin ori, membuat e-commerce satu ini kerap menjadi tujuan banyak orang untuk membeli barang yang harganya tinggi seperti HP, laptop, atau alat elektronik rumah tangga. Ditambah, JD.ID kini juga punya metode pembayaran paylater bagi penggunanya. Jadi, nggak perlu lagi punya kartu kredit supaya bisa cicilan HP atau barang yang diinginkan. Cukup daftar JD.ID paylater, tunggu approval, bisa langsung kredit deh!

Tapi, gimana cara mendapatkan JD.ID paylater? Gampang banget!

JD.ID menggandeng fintech sebagai mitra dalam menyediakan layanan paylater di platformnya. Salah satunya adalah Kredivo, fintech kredit instan online yang sudah berdiri sejak tahun 2015. Di samping kemudahan yang ditawarkan, seperti syarat yang mudah, akses kredit yang beragam, atau bisa cicilan 0%, Kredivo juga punya fitur kalkulator cicilan pada aplikasinya yang bisa kamu gunakan untuk menghitung simulasi cicilan dari HP atau barang incaranmu. 

Nah, supaya bisa pakai paylater di JD.ID untuk cicilan HP dan melihat simulasinya, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

Daftar akun paylater yang bermitra dengan JD.ID

Di JD.ID, ada beberapa paylater yang menjadi mitra. Salah satunya adalah Kredivo. Nah, untuk bisa bertransaksi dengan JD.ID paylater, otomatis kamu harus menjadi pengguna salah satu paylater tersebut. Sebab, dalam menyediakan layanan paylater bagi pelanggannya, JD.ID memang bermitra dengan pihak ketiga dalam hal ini fintech seperti Kredivo. 

Dengan kata lain, kalau kamu sudah punya akun paylater dari sebuah fintech, namun fintech tersebut tidak masuk dalam daftar mitra JD.ID, artinya kamu tidak bisa bertransaksi di JD.ID menggunakan paylater tersebut. 

Beda fintech, akan berbeda juga syarat dan ketentuan pendaftarannya. Di Kredivo misalnya, kamu perlu memenuhi tiga poin ini untuk daftar sebagai pengguna:

  1. WNI yang sudah berusia minimal 18 tahun. 
  2. Sudah berpenghasilan, minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Tinggal atau berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

Bagi kamu yang sudah memenuhi syarat dan tertarik mendaftar akun Kredivo, kamu bisa mengunduh aplikasi resmi Kredivo melalui Google Play Store atau App Store. Semua proses pendaftaran dilakukan melalui aplikasi dan berbasis online. Proses review dan approval juga memakan waktu minimal 1×24 jam sejak pendaftaran dikirim. 

Lakukan riset harga pasaran HP yang diinginkan

Langkah kedua ini bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki akun Kredivo beserta limit kreditnya. Setelah mendapat limit, kamu bisa langsung menggunakan limit tersebut untuk bertransaksi sesuai kebutuhan. Mau kredit HP di JD.ID?

Jangan lupa untuk melakukan riset harga pasaran HP yang kamu inginkan di JD.ID. Meski terkesan sepele, namun hal ini perlu dilakukan jika kamu mau mendapatkan harga HP terbaik. 

Bandingkan harga dengan seller atau official store brand HP

Selain membandingkan harga dari seller ke seller lainnya, kamu juga bisa membandingkan harga dengan official store atau bahkan dengan e-commerce lainnya. Ini adalah salah satu keuntungan menggunakan Kredivo sebagai layanan paylater. Sebab, bukan hanya bermitra dengan JD.ID, Kredivo juga bermitra dengan ribuan merchant lainnya, baik itu online atau offline. Mulai dari Tokopedia, Blibli, Lazada, Bhinneka, dan masih banyak lagi.

Periksa simulasi cicilan di aplikasi paylater

Menariknya lagi, sebelum memasukkan barang ke keranjang atau ke halaman pembayaran, kamu bisa dengan mudah mengecek simulasi cicilan dari HP yang diinginkan. Misalnya, kamu ingin membeli satu unit Samsung Galaxy A12 4GB/128GB di JD.ID yang dibanderol dengan harga Rp2.299.000. Kamu bisa memasukkan harga tersebut ke dalam fitur kalkulator cicilan yang ada di aplikasi Kredivo. 

Caranya, buka aplikasi Kredivo-mu, lalu masuk ke menu “Akun” dan pilih “Kalkulator Cicilan”. Masukkan harga HP tersebut, maka hasil simulasinya akan keluar menjadi: 

  • Untuk cicilan 3 bulan dengan bunga 0%: angsuran per bulannya adalah sebesar Rp789.330. Sudah termasuk biaya admin sebesar 1% per bulan. 
  • Untuk cicilan 6 bulan dengan bunga 2.6%: angsuran per bulannya adalah sebesar Rp442.940. Berlaku tanpa uang muka. 
  • Untuk cicilan 12 bulan dengan bunga 2.6%: agsuran per bulannya adalah sebesar Rp251.360. 

Selain harga tersebut, kamu juga bisa mengecek harga HP lain yang sesuai dengan minatmu. Simulasi ini biasanya tidak akan berbeda jauh dengan harga asli ketika kamu membeli atau checkout pembayaran JD.ID. Dengan adanya fitur simulasi ini, kamu jadi bisa menyesuaikan kemampuan cicilan per bulan dengan harga HP yang diinginkan. Pastikan juga limitmu mencukupi untuk membeli HP tersebut, ya.