Resep Dan Cara Membuat Bolu Kukus Chocolatos Enak Tanpa Mixer

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus yang Lembut dan Gak Bantat

Bolu kukus adalah salah satu camilan sederhana yang sudah ada sejak dahulu. Bolu kukus termasuk jajanan pasar yang populer dan digemari banyak orang. Tidak heran jika camilan sederhana ini masih eksis hingga sekarang. Salah satu hal yang membuat bolu kukus digemari adalah teksturnya yang lembut dan rasanya manis.

Jenisnya juga beragam, tergantung loyang yang digunakan. Ada loyang berbentuk kotak, bulat, berlapis, dan mekar yang ditaruh didalam cup kertas. Bolu kukus saat ini sudah semakin banyak jenisnya, baik dari segi warna ataupun rasa.

Bahkan, tidak sedikit orang yang sangat kreatif membuat bolu kukus dengan bentuk dan warna seperti buah – buahan atau pelangi yang menggugah selera. Bagi kamu yang gemar membuat kue, kamu bisa sekali berkreasi membuat bolu kukus yang unik di rumah.

Apakah saat ini kamu sedang mencari inspirasi resep bolu kukus chocolatos yang unik? Cara membuatnya memang gampang – gampang susah. Jika keliru mengolahnya, maka hasil bolunya akan hambar dan bahkan rasanya tidak enak. Padahal bolu kukus chocolatos yang sedap itu seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu mengunggah selera makanmu.

Ada banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu kukus chocolatos yang kamu buat. Mulai dari jenis bahan yang digunakan, pemilihan bahan segar, hingga cara membuat serta cara menghidangkannya.

Tenang, kamu tak perlu pusing – pusing jika hendak menyiapkan bolu kukus chocolatos yang enak dan empuk di rumah, karena asalkan kamu sudah tahu triknya maka hidangan tersebut bisa menjadi suguhan istimewa.

Dibawah ini terdapat beberapa tips dan trik praktis yang bisa kamu terapkan saat ingin mengolah bolu kukus chocolatos. Kamu bisa membuatnya dengan menyiapkan terlebih dahulu 9 bahan lalu melakukan 4 langkah pembuatan. Simak penjelasannya dibawah ini !

  1. Bahan – Bahan Dan Bumbu Yang Perlu Disiapkan
  2. 1 sachet chocolatos drink rasa coklat
  3. 1 sachet susu kental manis rasa coklat
  4. 3 sdm tepung terigu
  5. 1 butir telur
  6. 3 sdm gula
  7. ¼ sdt soda kue
  8. 3 sdm minyak goreng
  9. 4 sdm air (untuk melarutkan susu kental manis)
  10. Keju parut untuk topping (opsi)
  11. Cara Membuat Bolu Kukus Chocolatos
  12. Kocok terlebih dahulu gula dan telur hingga mengembang (jika tidak ada mixer, bisa pakai garpu). Setelah mengembang, tambahkan tepung terigu, soda kue, dan juga chocolatos drink.
  13. Setelah tercampur rata masukkan susu kental manis coklat yang sudah dicampur air tadi dan masukkan juga minyak goreng, lalu diaduk rata.
  14. Siapkan kukusan, lalu ambil loyang, olesi loyang dengan margarin agar tidak lengket waktu dibalik. Kemudian, masukkan adonan kedalam loyang.
  15. Kukus selama kurang lebih 25 menit. Setelah matang, angkat lalu beri toping sesuai selera misalnya keju parut.

Bagaimana, mudah kan? Itulah 9 bahan yang perlu disiapkan untuk mengolah  bolu kukus chocolatos dan 4 langkah pembutaannya yang tidak menggunakan mixer. Membuat bolu kukus memang sudah menjadi kegemaran sebagian masyarakat Indonesia. Makanan lembut yang menjadi hidangan favorit ini sering dijumpai sebagai pilihan camilan yang lezat dan mengenyangkan.

Tidak bisa dipungkiri, berbagai acara baik yang dilakukan di rumah, kantor, atau gedung besar kerap kali memilih bolu kukus sebagai sajian menggiurkan. Makanan ini memberi kesan ringan dan mewah apabila dikreasikan, sehingga tepat menjadi hidangan di arisan, rapat, syukuran, dan sekedar teman menikmati secangkir teh atau kopi di pagi atau sore hari.