Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Harga Emas Hari Ini Di Pasaran

Harga Emas Lagi Turun Rp8 Ribu, Uang Gajian Mau Investasi Emas?

Menabung adalah hal yang sudah semestinya dilakukan oleh manusia demi menjaga harta dan juga hal – hal tidak terduga yang berhubungan soal materi. Salah satu tabungan pasti yang bisa kita lakukan adalah dengan menabung emas. Menabung emas atau investasi emas ini seringkali menjadi pilihann karena harga jualnya semakin lama cenderung naik dan jarang sekali mengalami penurunan yang signifikan.

Saat pertama kali memulai investasi emas pastinya yang ada pertama kali di fikiran kita adalah modal awal investasi yang cukup besar. Padahal jika dibayangkan lagi investasi emas ini merupakan investasi yang paling aman dan paling pasti jika dibandingkan investasi saham ataupu obligasi. Meskipun kenaikan harga emas ini tidak terlalu melesat tinggi, tetapi grafiknya selalu mengalami kenaikan.

Namun meskipun investasi emas ini dianggap sebagai investasi yang cukup menguntungkan, tetapi tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda mulai melakukan invetasi emas ini. Contoh yang paling harus anda perhatikan sebelum memulai invetasi emas ini adalah faktor apa saja yang bisa mempengaruhi naik turunnta harga emas di pasaran.

Selain itu anda juga harus sering – sering memantau harga emas terkini yang ada di pasaran. Seperti contohnya harga emas hari ini menyentuh angka Rp. 971.000 per gram. Jika diperhatikan harga tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan harga emas sekitar 1 minggu lalu yang masih berada di sekitar harga Rp. 967.000. Pentingnya anda memantau harga emas hari ini agar anda tidak rugi saat membeli emas.

Sebaiknya sebelum anda melakukan investasi emas atau anda akan membeli emas dalam jumlah yang cukup besar, ada baiknya anda memantau harga emas yang ada di pasaran. Hal tersebut dilakukan agar anda mendapatkan keuntungan karena anda membeli emas disaat harganya sedang turun. Begitu pula saat anda hendak menjual emas sebaiknya anda perhatikan dahulu harga jual emas pada saat itu.

Anda juga bisa memantau faktor – faktor yang bisa membuat harga emas tersebut mengalami kenaikan ataupun penurunan. Kira – kira faktor apa sajakah yang berpengaruh pada harga jual – beli emas, berikut penjelasan yang bisa anda simak.

  • Faktor Permintaan dan Penawaran Emas

Jika berbicara soal jual – beli barang pastinya sudah tidak dapat dipisahkan dengan permintaan dan penawaran. Dalam dunia jual belie mas saat permintaan terhadap emas meningkat maka harga yang ditawarkan untuk satu gram emas pun akan mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut biasanya disebabkan karena stok bahan baku yang menjadi langka dan harga otomatis meningkat.

  • Faktor Volatilitas Emas

Faktor ini merupakan adanya perubahan ketidakpastian terhadap harga emas, biasanya hal tersebut terjadi pada harga emas karena terdapat faktor lain yang mendorongnya. Salah satu contohnya kondisi pandemi yang membuat perekonomian menjadi sulit akhirnya dampak tersebut pun berpengaruh pada harga emas yang mengalami penurunan.

  • Faktor Kurs Harga Dollar

Mata uang dollar Amerika memang menjadi acuan mata uang untuk tingkat ekonomi dunia. Oleh karena itu jika terjadi perubahan kenaikan ataupun penurunan harga dollar pasti hal tersebut akan ikut mempengaruhi harga jual beli emas di pasaran.

  • Faktor Permintaan Khusus

Banyaknya perusahaan produsen emas yang mengeluarkan emas dengan seri tertentu membuat kebutuhan masyarakat akan emas menjadi meningkat. Tidak jarang sebagian orang menjadikan emas tersebut sebagai barang koleksi karena serinya yang beragam dan menarik.