Pilih Pinjam di KrediFazz atau Dana Rupiah? Ini Perbandingannya!

Kalo ngetik kata kunci pencarian “pinjaman online cepat cair dan mudah” di Google, Google Play Store, atau App Store, hasil yang keluar pasti banyak banget! Nggak heran, kalo orang yang tertarik pakai pinjaman online akan bingung di awal harus pilih aplikasi mana yang terbaik dan sesuai kebutuhannya. 

Mengingat, jenis fintech pinjaman online itu sendiri cukup beragam. Ada yang khusus menawarkan pinjaman tunai, ada juga yang bisa untuk kredit barang secara online. Yang utama sebenarnya, pastikan kamu menggunakan aplikasi fintech yang terdaftar di OJK supaya lebih aman. Di samping itu, kamu juga perlu membandingkan antara fintech satu dengan fintech lain supaya bisa dapat layanan pinjaman terbaik. Salah satunya yang bunganya paling rendah. 

KrediFazz dan Dana Rupiah adalah dua fintech legal yang sudah cukup banyak didownload dan memiliki rating yang cukup baik di Google Play Store. Di mana KrediFazz memiliki rating 4,4 sedangkan Dana Rupiah 4,1 dari skala 5. Kalo dibandingin, yang mana ya yang paling oke antara KrediFazz dan Dana Rupiah untuk pinjaman online? Yuk, kita bahas satu per satu. 

Perbedaan KrediFazz vs Dana Rupiah

Secara umum, bedanya KrediFazz dan Dana Rupiah terletak pada layanan atau fitur pinjamannya. Di KrediFazz, saat ini baru tersedia opsi pinjaman yaitu pinjaman tunai. Dengan satu opsi pinjaman ini, KrediFazz cocok digunakan bagi kamu yang tujuan pinjamannya hanya untuk kebutuhan pribadi. Sementara di Dana Rupiah, ada tiga produk pinjaman yang bisa dipilih, yaitu pinjaman personal, pinjaman produktif, dan pinjaman pendidikan. 

Pinjaman personal adalah pinjaman yang tujuannya untuk kebutuhan personal seperti kebutuhan darurat. Pinjaman produktif adalah pinjaman yang tujuannya untuk para petani sebagai modal. Pinjaman pendidikan adalah pinjaman yang tujuannya untuk masa pendidikan bagi para siswa.

Perbedaan Besaran Limit Pinjaman di KrediFazz vs Dana Rupiah

Untuk kebutuhan mendesak, limit pinjaman yang ditawarkan KrediFazz terbilang lumayan. Mulai dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp 1,5 juta. Selain itu, bisa cair satu cepat dalam hitungan menit ketika pengajuan pinjamanmu sudah disetujui. Bedanya dengan Dana Rupiah, limit yang ditawarkan lebih besar. Maksimal sampai dengan Rp 8 juta mengingat jenis pinjamannya yang beragam. Untuk kamu yang butuh pinjaman dengan jumlah lebih besar, yang ditawarkan Dana Rupiah bisa menjadi opsi. 

Perbedaan Tingkat Suku Bunga di KrediFazz vs Dana Rupiah

Dibanding Dana Rupiah, KrediFazz punya tingkat suku bunga lebih rendah yaitu 9% per bulan atau 0,3% per hari dengan tenor atau masa pengembalian pinjaman 30 hari. Di Dana Rupiah, suku bunga pinjaman untuk jenis pinjaman personal adalah 0,8% per hari atau mencapai hingga 24% per bulan. Namun, untuk jenis pinjaman produktif dan pinjaman untuk pendidikan, Dana Rupiah tentunya menawarkan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari pinjaman personal. 

Perbedaan Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman di KrediFazz vs Dana Rupiah

Sebelum download aplikasi KrediFazz atau Dana Rupiah di Google Play Store, kamu perlu tahu dulu bahwa ada perbedaan syarat pinjaman yang diajukan oleh dua fintech ini. 

Untuk KrediFazz, syarat pengajuan pinjamannya ada 3, yaitu: 

  1. Pendaftar merupakan WNI yang berusian 18 – 60 tahun. 
  2. Berdomisili atau tinggal di Indonesia.
  3. Memilki penghasilan minimal minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 

Untuk Dana Rupiah, syarat pengajuan pinjamannya juga ada 3, yaitu:

  1. Pendaftar merupakan WNI yang sudah berusia minimal 18 tahun. 
  2. Berdomisili atau tinggal di Indonesia. 
  3. Punya penghasilan tetap dan dokumen pribadi seperti KTP, NPWP, BPJS, rekening bank, dan slip gaji jika berstatus sebagai karyawan. 

Seperti fintech pada umumnya, pinjaman online cepat cair dan mudah yang ditawarkan KrediFazz maupun Dana Rupiah bisa cair cepat dalam hitungan menit atau 1 hari sejak pengajuan pinjaman disetujui. 

Jika sudah memenuhi syarat pengajuan pinjaman, yang perlu kita lakukan hanya tinggal download aplikasinya dan ajukan pinjaman sesuai yang dibutuhkan. Setelah itu, submit pengajuan dan tunggu approval. Yang paling penting, pilih salah satunya aja ya. Jangan pakai lebih dari satu aplikasi pinjaman dalam waktu bersamaan kalo nggak mau keuangan berantakan. 

Bukan cuma itu, meski ada fintech yang menawarkan bunga rendah dibanding fintech lain seperti KrediFazz, bukan berarti bisa setiap saat bisa pinjam dana di fintech ya. Utamakan kebutuhan yang benar-benar penting atau mendesak. Hindari meminjam uang di fintech untuk gaya hidup dan hedon karena akan menyusahkan diri sendiri pada akhirnya. 🙂