7 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang Putih

Bawang putih tentu saja sudah menjadi salah satu bumbu dapur yang tak asing lagi bagi siapa saja. Bawang putih sendiri menjadi salah satu dari berbagai macam jenis bumbu masak yang sangat diperlukan. Tentunya makanan jadi terasa tak enak dan tak sedap bila di dalamnya tidak terdapat bumbu bawang putih. Namun, rupanya manfaat bawang putih bukan sekedar untuk masakan saja. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari bumbu masak yang berwarna putih ini. 

Mencegah kolesterol tinggi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bawang putih sering dijadikan sebagai pengganti obat penurun kolesterol. Bumbu dapur yang satu ini memang mengandung allicin yang mana zat ini akan muncul saat siung bawang putih dipotong. Atau bisa juga bumbu dapur tersebut ditumbuk dan dihancurkan misalnya dengan cara dikunyah. Maka kolesterol akan turun saat Anda makan 1-2 siung. 

Menurunkan tekanan darah

Manfaat lainnya dari bumbu dapur yang berwarna putih ini adalah untuk menurunkan tekanan darah. Maka tentu saja bumbu dapur yang satu ini bisa memberikan manfaat lebih untuk orang yang mengalami hipertensi. Bahkan khasiatnya juga bisa dibilang sebanding dengan obat hipertensi yang umumnya mengandung zat kimia. 

Mencegah penyakit jantung

Bawang putih memang dikenal dapat berguna untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Termasuk pula untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit jantung. Bahkan sekarang ini terdapat pula ekstrak aged garlic yang banyak dikonsumsi masyarakat untuk mencegah penumpukan plak tepatnya pada arteri. Di samping itu khasiat bawang putih yang dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah juga secara tidak langsung mencegah Anda dari penyakit jantung. 

Menurunkan resiko kanker

Satu lagi manfaat garlic atau bawang putih yaitu menurunkan resiko kanker. Rupanya penyakit kanker saat ini semakin menjadi ancaman. Sebab kanker ini tidak hanya membuat penderitanya merasa sakit tapi juga mengancam nyawa penderitanya. Untuk mencegah resiko kanker ini maka mengkonsumsi bawang putih bisa menjadi cara paling tepat.

Melindungi sel-sel otak

Kesehatan otak bisa terus berlangsung jika memang berbagai sel dalam otak tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Untuk melindungi sel-sel otak dari kuman dan penyakit maka siapa saja bisa mengkonsumsi bawang putih. Sebab bumbu dapur jenis ini bisa memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu terjadinya peningkatan kadar oksida nitrat di dalam otak. Maka sel otak akan selalu terlindungi. 

Memperkuat daya tahan tubuh

Khasiat bawang putih untuk memperkuat daya tahan tubuh tampaknya dikenal dengan sangat baik oleh siapa saja. Bahkan banyak orang yang jika sakit kemudian berusaha menyembuhkannya dengan mengkonsumsi bawang putih. Konsumsi bawang putih dipercaya dapat membuat orang jadi cepat sembuh. 

Membunuh kuman

Manfaat terakhir dari bawang putih yang akan dibahas kali ini adalah khasiatnya untuk membunuh kuman. Garlic yang mengandung allicin memiliki beberapa sifat seperti antibakteri dan antivirus serta antijamur dan antiseptik. Maka segala kuman dapat mati bila memang Anda mengonsumsinya. Itu sebabnya beberapa orang menggunakannya untuk menyembuhkan jerawat dan sejenisnya. 

Bawang putih kini bisa didapatkan dengan lebih mudah. Bahkan Anda bisa mendapatkannya melalui transaksi pembelian online misalnya di TaniHub yang menjual bahan masakan segar. Termasuk bahan masakan seperti bawang putih dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan manusia. Maka segeralah belanja bawang putih dan bumbu dapur lainnya secara online di aplikasi e-commerce Tanihub.