Info Lengkap Seputar Destinasi Wisata Alam Tangkuban Perahu

Wisata Tangkuban Perahu Bandung: Info Lokasi, Harga, dan Legendanya

Tangkuban Perahu menjadi salah satu destinasi wisata alam khas Bandung yang sering dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Saat ingin berkunjung ke destinasi wisata ini, alangkah baiknya jika Anda mencari berbagai informasi pendukung. Berikut informasi lengkap tentang destinasi wisata alam khas Bandung ini.

  1. Deskripsi Lengkap

Objek wisata alam Tangkuban Perahu terletak sekitar 20 km dari arah utara Bandung. Gunung ini sudah sangat terkenal, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karna legenda Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibunya.

Tempat ini memiliki hawa yang dingin dan sejuk karena berada di ketinggian 2.084 mdpl atau sekitar 6.873 kaki. Selain itu, hawa sejuk di tempat ini juga didukung oleh adanya banyak pohon pinus, kebun teh dan kebun sayuran. Suhu hariannya pada siang hari rata-rata mencapai 17o C, sedangkan pada malam hari mencapai  2o C.

Gunung Perahu memiliki bentuk stratovolcano yang puncaknya berbentuk memanjang yang telihat seperti perahu terbalik. Sejak terakhir meletus pada tahun 2013, gunung ini masih dinyatakan aktif dan dipantau oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Hingga saat ini, Gunung Perahu masih relatif aman untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Gunung Perahu memiliki 9 kawah yang 3 di antaranya sering dikunjungi oleh para wisatawan karena keindahan dan keunikannya. Bukan sekedar tempat wisata, Gunung Perahu juga sering dijadikan sebagai tempat foto dan syuting film atau video klip.

Hal ini karenakan panorama alamnya yang sangat indah. Anda bisa menikmati keindahan alam dari gunung ini dengan mengitari sebagian kawahnya sambil menunggang kuda.

  1. Legenda Tangkuban Perahu

Asal-usul dari tempat wisata alam ini berasal dari kisah Sangkuriang yang jatuh cinta dengan ibunya, Dayang Sumbi. Hal tersebut terjadi karena Sangkuriang dan ibunya, Dayang Sumbi sudah lama tidak berjumpa.

Menanggapi hal tersebut, Dayang Sumbi telah berusaha dengan berbagai cara untuk menolak ajakan Sangkuriang untuk dinikahi. Hingga suatu ketika, Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk membuat perahu lengkap dengan danaunya dalam waktu semalam sebagai syarat.

Namun karena doa Dayang Sumbi, pekerjaan Sangkuriang pun gagal. Karena emosi, Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya ini hingga terbalik yang kemudian berubah menjadi Gunung Perahu. Cerita legenda Sangkuriang ini sudah terkenal sejak dahulu hingga sekarang dan telah menjadi cerita rakyat.

  1. Lokasi dan Kondisi Jalan yang Ditempuh

Tempat wisata alam ini berada di Sukajaya, Lembang Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk bisa pergi menuju Gunung Perahu, Anda tidak perlu bingung karena aksesnya sangat mudah dijangkau. Anda bisa pergi ke sana dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Sepanjang jalan, terdapat berbagai marka jalan yang bisa menuntun perjalanan Anda hingga tiba di tempat wisata Gunung Perahu. Tempat wisata ini aman dikunjungi oleh siapapun, baik wisatawan lokal dari daerah lain, maupun para wisatawan mancanegara.

  1. Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung yang berada di tempat wisata Gunung Perahu ini sudah terbilang lengkap, sehingga Anda bisa merasa nyaman saat berkunjung. Di sana terdapat hotel atau tempat penginapan, rumah makan, toko oleh-oleh dan tempat parkir kendaraan.

  1. Tips Berwisata Aman dan Nyaman

Agar aman dan nyaman selama berkunjung ke Gunung Perahu, sebaiknya Anda menggunakan masker dan pakaian hangat. Anda perlu menggunakan masker dan pakaian hangat agar terhindar dari bau belerang dan hawa dingin di tempat wisata ini.

Jika berkunjung diatas jam 4 sore, lebih baik Anda menyewa jasa guide setempat, demi keselamatan. Selain itu, jangan mencoba untuk melewati pagar pembatas.

Demikian beberapa informasi lengkap tentang destinasi wisata Tangkuban Perahu. semoga kunjungan Anda dan keluarga maupun kerabat bisa berkesan dan menyenangkan.