Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan

3. Doa berbuka puasa ramadan

Datangnya waktu berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa untuk membatalkan puasa yang sudah dijalankan sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Rasulullah SAW juga menganjurkan umat Muslim yang berpuasa agar segera berbuka puasa ketika sudah tiba waktu berbuka. Menyegerakan berbuka puasa, akan menambah pahala amalan puasa seorang muslim. Dianjurkan untuk membaca doa buka puasaterlebih dahulu ketika berbuka puasa. Hal ini juga menjadi kebiasaan dan anjuran yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau berpuasa.

Adapun berikut ini adalah doa berbuka puasa:

Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika aftortu

Artinya: “Yaa Allah, kepada Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka.”

Ketika berbuka puasa, terdapat makanan yang sebaiknya kamu hindari. Ketika berbuka puasa, biasanya makanan pertama yang disantap adalah makanan yang manis dan segar. Namun sebenarnya terdapat sejumlah makanan yang justru sebaiknya kamu hindari untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Apa saja? Yuk disimak rangkumannya di bawah ini.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis ketika berpuasa perl untuk kamu hindari, seperti halnya manisan, permen, atau juga sirup gula dalam jumlah yang besar. Apabila kamu ingin mengkonsumsi makanan manis, ada baiknya konsumsilah buah yang mengandung banyak air, seperti melon, semangka, atau buah musiman lainnya. Kamu juga sebaiknya membatasi makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti daging yang berlemak atau juga kue dengan tambahan lemak dari margarin atau mentega.

Alih-alih memasak dengan cara menggoreng, kamu bisa menggunakan metode memasak lain, seperti misalnya dengan mengkukus, memanggang, atau juga bisa menumis dengan sedikit minyak. Hindari juga makanan yang banyak mengandung garam, seperti yang terdaat di makanan olahan seperti daging olahan produk snack, sosis, keju asin, dan berbagai kerupuk, salad, mustard, atau juga mayonaise.

Meskipun kita dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis, namun kamu juga harus memperhatikan porsinya supaya tidak berlebihan. Karena jika berlebihan bisa meningkatkan risiko obesitas. Apabila ingin mengkonsumsi makanan dan minuman untuk berbuka puasa, kamu bisa memilih buah kurma. Kurma sendiri mengandung jenis gula yang bermanfaat untuk tubuh, yakni glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Kurma juga mengandung serat, kalium, potasium, dan vitamin A yang baik untuk tubuh. Namun perlu perhatikan juga untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena meskipun kurma itu baik dikonsumsi, jika dikonsumsi berlebihan maka akan berefek tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi jus buah yang bisa jadi pilihan untuk menu berbuka puasa, seperti mangga, pepaya, atau pisang.

Makanan yang harus kamu hindari untuk berbuka puasa lainnya adalah makanan asam dan pedas, karena dianggap bisa memicu mag atau gastritis, dimana terjadi peradangan di lapisan lambung.  Meskipun tidak akan secara langsung menyebabkan sakit mag, namun makanan pedas bisa memicu dan memperparah gejala sakit mag. Ketika masuk ke saluran pencernaan, makanan pedas yang dikonsumsi dapat membuat iritasi pada lapisan mukosa lambung. Apalagi jika makanan makanan pedas tersebut dikonsumsinya secara bersamaan dengan makanan asam. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menghindari makanan pedas dan asam sebagai menu berbuka puasa.

Kamu juga disarankan untuk membatasi penggunaan garam ketika menyiapkan hidangan berbuka puasa. Untuk meningkatkan cita rasa makanan yang sedang dimasak, sebaiknya gunakanlah bumbu alami.

Ketika berbuka puasa, kamu juga dianjurkan untuk makan secara perlahan dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, tidak lebih juga tidak kurang. Karena jika makan dalam porsi besar sekaligus bisa menyebabkan mulas dan perut tidak nyaman.