BEBERAPA KULINER KHAS DARI KOTA BANDA ACEH INI SANGAT LEZAT DAN PATUT DI COBA

6 Wisata Pantai di Aceh Paling Hits, Eksotis dan Menawan

Banda aceh merupakan salah satu kota metropolitan yang ada di provinsi nangroe aceh darusallam. Kota yang terkenal akan banyak nya mayoritas masyarakat islam ini memang menyajikan warna dan karakter yang berbeda. Ada banyak keistimewaan kota banda aceh, yang salah satu nya adalah destinasi wisata. Berbicara tentang wisata aceh, pasti kalian sudah tak meragukan lagi soal pantai-pantai yang ada di banda aceh. Semua pantai yang ada di banda aceh terkenal indah dan terkenal sekali soal "Sunset" atau dimana saat matahari tenggelam.

Tidak hanya tentang pantai atau tempat wisata lain nya, Banda aceh juga memiliki warna lain lewat sajian kuliner khasnya, dan berikut Sajian kuliner khas dari kota banda aceh seperti yang dilansir oleh limapagi.

1. Mie aceh.

Makanan khas banda aceh yang pertama adalah mie aceh. Makanan khas yang satu ini sudah sangat terkenal ke seluruh daerah di indonesia. Hal itu di dukung karena citarasa yang tersaji sangatlah luar biasa, dan yang lebih luar biasa lagi banyak yang menjadikkan mie aceh sebagai salah satu menu favorit bagi para pengunjung luar daerah kota banda aceh. Soal harga, mie aceh sendiri sangat ramah kantong, jadi kalian tak perlu risau akan kehabisan ongkos saat sedang berada di banda aceh.

2. Sate matang.

Makanan khas banda aceh yang satu ini memang memiliki nama yang unik yaitu sate matang. Ciri khas dari makanan ini adalah citarasa pedas, manis serta gurih menjadi satu dalam sajian nya. Dan sate matang juga sudah menjadi menu andalan bagi para pengunjung luar daerah kota banda aceh. Tak jarang juga yang sering menambah porsi makan sete matang loh.

3. Sambal ganja.

Tetap positif, sambal ini tidak terbuat dari daun ganja, hanya saja penamaan nya yang membuat orang penasaraan untuk mencobanya. Karena memang di saat mencicipi sambal ganja ini, biasanya akan ketagihan dan tak ingin berhenti untuk terus menyerbunya. Dan di sambal ganja kalian juga akan merasakkan bagaimana pedasnya sambal khas dari kota banda aceh.

4. Ayam tangkap.

Dari sekian makanan mungkin sajian kuliner yang satu ini yang paling terkenal dari kota banda aceh. Karena memang benar kalau ayam tangkap memiliki warna dan citarasa tersendiri yang jarang ada pada daging ayam pada umumnya. Campuran bumbu dan rempah yang di racik langsung oleh masyarakat asli banda aceh, membuat sajian kuliner yang satu ini banyak di minati oleh para pengunjung.

5. Kuah si itek.

Di nomor lima ada makanan khas kota banda aceh yang bernama kuah si itek. Kuah si itek sendiri sangat pas untuk di nikmati bersamaan dengan nasi putih. Di saat mencobanya kamu akan merasakan rasa yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Rasa pedas, manis, serta gurih menjadi satu dalam sajian kuah si itek. Maka tak heran kalau kuah si itek masuk daftar sajian kuliner khas banda aceh terlezat.

6. Dendeng rusa.

Yang terakhir adalah dendeng rusa. Biasanya dendeng di buat dengan daging sapi ataupun kambing, di kota banda aceh berbeda yaitu menggunakan daging rusa sebagai bahan utama. Citarasa yang tersaji pun sangatlah spesial yang tak mungkin ditemui di makanan lain. rempah dan bumbu yang di gunakan pun asli nusantara yang di racik dan di olah oleh pribumi setempat.

Bagiamana, Anda tertarik untuk menginjakkan kaki di kota serambi mekkah ini? Semoga tersegerakan.