Beberapa Jenis Penyakit Kelamin Yang Menular dan Cara Mencegahnya

7 Penyakit Menular Seksual (PMS) dan Gejalanya
Seperti yang diketahui sekarang ini banyak jenis penyakit kelamin menular yang bermunculan. Penyakit menular seksual atau yang dikenal dengan infeksi menular seksual merupakan infeksi yang biasanya ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman. Dan cara penyebarannya juga bisa melalui darah, sperma atau cairan tubuh lainnya. Selain itu, penyebarannya juga bisa melalui penggunaan jarum suntik secara berulang atau bergantian di antara beberapa orang. Berikut beberapa penyakit menular seksual:

  1. Herpes Genital

Herpes merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV), yang memasuki tubuh melalui luka kecil di kulit atau selaput lendir. Bagi orang terinfeksi virus ini, tentunya ciri-ciri ini tidak akan pernah menyadari dirinya telah terinfeksi. Dikarenakan, penyakit ini pada umumnya tidak menimbulkan tanda-tanda. Meskipun begitu, berikut ini ada beberapa tanda dan gejala umum yang bisa anda ketahui :
– Munculnya benjolan atau bisul, yang biasanya disertai dengan rasa sakit ketika buang air kecil.
– Terdapat benjolan meral kecil, kulit melepuh, dan luka terbakar pada genital, anal serta disekitarnya.
– Mengalami sakit atau gatal di sekitar area genital, bokong, atau paha bagian dalam.

  1. Klamidia

Klamidia merupakan, penyakit menular seksual yang disebabkan oelh bakteri chlamydia trachomtis. Klamidia juga merupakan salah satu penyakit kelamin yang paling umum, sehingga cukup sulit bagi seseorang untuk mengetahui apakah mereka menderita klamidia atau tidak. Selain itu, penyakit ini juga kebanyakan tidak menimbulkan gejala apaun pada awalnya. Untuk itu, berikut ini beberapa gejala klamidia yang umu :
– Mengalami sakit ketika buang air kecil.
– Sakit pada bagian bawah perut.
– Pendarahan vagina di antara sau menstruasi dan selanjutnya.
– Mengalami nyeri pada testis.
– Keluar cairan tak normal dari vagina atau penis.

  1. Gonore

Gonore juga merupakan salah satu penyakit kelamin yang umum, tetapi bakteri tersebut bisa berpindah menginfeksi mulut, tenggorokkan, mata, dan anus. Selain itu, penyakit ini juga biasanya muncul dengan gejala dalam 10 hari setelah terinfeksi. Berikut ini beberapa gejala dari penyakit Gonore :
– Mengalami nyeri buang air besar.
– Keluarnya cairan kental, keruh, atau berdarah dari penis atau vagina.
– Munculnya sensasi nyeri atau terbakar saat buang air kecil.
– Mengalami pendarahan haid yang sangat banyak atau pendarahan di antara jadwal menstruasi. 
– Mengalami gatal pada anus.
– Dan mengalami nyeri dan benkak pada bagian penis.
Cara Mencegah Penyakit Kelamin Yang Menular
* Menjaga Kebersihan Vagina 
Untuk mencegah terserangnya penyakit menular seksual lainnya, adalah dengan cara membersihkan organ kelamin sebelum dan sesudah melakukan hubungan seks. Dengan menjaga kebersihan dari area kelamin tersebut, anda dapat mencegah terserang mikroorganisme penyebab penyakit menular seksual. Anda juga bisa memilih cairan antiseptik pembersih kewanitaan yang mengandung povidone-iodine, yang berguna untuk membasmi bakteri penyebab infeksi di vagina. 
Selain itu, gunakanlah pembersih kewanitaan segera mungkin setiap selasi berhubungan seks, segingga anda bisa menjaga kesehatan vagina anda terlindungi. Jangan lupa bahwa pembersih vagina cukup untuk digunakan di bagian luar vagian saja , karena bagian dalam lubang vagina sudah punya mekanisme pembersih sendiri dengan bantuan bakteri yang baik.
* Gunakan Kondom
Walaupun anda masih bisa terkena Herpes atau HPV ketika menggunakan kondom, sebagian besar dengan menggunakan kondom dapat mencegah penyakit menular seksual. Selain itu, beberapa kondom bahkan memiliki kandungan yang dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit.