Cara Mengatasi Luka Bakar, Ampuh!


Luka bakar bisa terjadi dimanapun dan kapanpun secara tidak terduga. Tersulut puntung rokok, terlalu lama terkena sinar matahari, ataupun terkena minyak panas ketika memasak. Hal ini bisa membuat kulit Anda terluka dan tergolong menjadi beberapa tingkatan luka bakar. Cara mengatasi luka bakar tentunya beragam, Anda bisa pergi ke dokter atau ikuti cara-cara berikut ini.

  1. Basuh dengan Air Dingin

Pertolongan pertama untuk mengatasi luka bakar adalah dengan menggunakan air dingin. Air yang dibutuhkan tentunya bukan sedingin es, namun harus memiliki suhu yang sejuk. Caranya adalah dengan membasuhkan air kepada luka bakar hingga rasa perihnya terasa reda. Anda juga bisa gunakan handuk yang sudah direndam, lalu kompres secara perlahan.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki manfaat beragam. Lidah buaya memiliki kandungan yang mampu mengeringkan luka dengan cepat. Lidah buaya juga bisa mengatasi luka-luka lainnya, baca juga https://www.guesehat.com/3-cara-merawat-luka-setelah-operasi. untuk informasi lebih lanjut. Gel lidah buaya mampu menetralisir juga rasa perih pada luka bakar.

  1. Hindari Olesan Putih Telur

Telur memiliki kandungan protein yang tidak bisa diterima oleh sel kulit. Kulit yang terluka bakar sedang dalam kondisi sensitive tentunya harus dilindungi dari bakteri dan kotoran. Jangan oleskan putih telur pada kult yang terluka bakar karena dapat mengundang infeksi. Lebih baik Anda mencari referensi Obat Luka Bakar Paling Ampuh di apotek.

  1. Madu

Madu memiliki kandungna antibakteri, antijamur, serta antiperadangan kulit. Madu juga dikenal mampu menyembuhkan luka bakar secara alami. Caranya adalah dengan mengoleskan madu ke luka bakar ringan yang hampir kering, lalu diamkan 15 menit. Cuci dengan antiseptic lalu biarkan mengering.

  1. Hindari Mengoleskan Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki kandungan yang mampu membuat kulit menjadi iritasi. Penggunakan pasta gigi untuk merawat luka bakar adalah mitos adanya. Hal ini dibuktikan karena belum ada penelitian spesifik mengenai penggunaan pasta gigi pada luka bakar. Pasta gigi hanya bisa meredakan rasa perih karena kandungan mint di dalamnya, namun mampu meningkatkan infeksi pada kulit.